Minggu, 27 Februari 2011

Membuat Grafis pada CorelDraw dengan Variasi Bentuk dan Warna

1. VARIASI WARNA

Setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience secara efektif.
Warna adalah faktor yang sangat penting dalam komunikasi visual. Warna dapat memberikan dampak psikologis dan sugesti suasana bagi yang melihatnya.
Untuk aplikasi cetak hanya warna CMYK. Sedangkan di layar monitor menggunakan RGB, HSL, Hexadesimal, dan lain-lain.
  • warna akromatik : adalah warna kombinasi gelap dan terang saja. biasa disebut Grayscale. jika di Adobe Photoshop digunakanDesaturate. kombinasi warna tersebut akan berkesan klasik dan artristik, yang banyak dipakai untuk fotografi atau surat kabar.

ž *warna monokrom : Adalah satu warna Hue (corak warna. Suatu istilah untuk menyatakan seluruh rangkaian warna spektrum. Hue adalah komponen yang menentukan warna apa yang digunakan) yang dikombinasikan dengan gelap terang. Disebut juga dengan istilah warna monokrom. Kombinasi warna ini sangat sederhana, tidak banyak resiko dan mudah diterima mata. Kelemahannya kombinasi ini akan membosankan dan mudah ditinggalkan.

ž Warna komplementer : Adalah 2 (dua) warna Hue yang berlawanan, dikombinasikan dengan gelap terang. Disebut juga warnakomplementer. Kombinasi tersebut akan menarik mata (eye catching), tapi jika anda tidak berhasil menggabungkan dua warna tersebut, maka akan terlihat lepas atau tidak matching.

ž Warna pastel dan dark color : Adalah warna-warna yang mendekati warna terang atau putih. Biasa disebut juga warna Sepia. Kebalikan dari pastel adalah warna-warna gelap disebut juga Dark colors.

ž Warna analog : Adalah warna-warna beda hue yang bersebelahan, sehingga kombinasinya akan lebih mudah diterima mata dan lebih berani dibanding warna monokrom.

ž Warna clash : Adalah 2 warna yang berlawanan (komplementer), tetapi menyimpang atau bergeser 1 hue. Sesuai namanya ‘clash’ adalah warna yang tidak harmonis atau bertentangan atau tabrakan sehingga kombinasi warna tersebut tidak enak dipandang. Tapi dengan teknik tertentu, akan didapat paduan warna yang inovatif dan khas

2. VARIASI BENTUK

Bentuk dihasilkan dari garis-garis yang tersusun ssedemikian rupa. Bentuk dibagi menjadi bentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra), masing masing bentuk mempunyai arti tersendiri. Dalam desain, bentuk tidak hanya mendefinisikan sebuah objek tetapi juga bisa mengkomunikasikan sebuah gagasan.

Secara umum bentuk dua dimensi dibagi 3 macam, yaitu bentuk geometris, bentuk natural, dan bentuk abstrak.
Bentuk dasar dua dimensi dan variasinya, anatara lain:

- Segi tiga sama sisi
- Segi empat
- Segi lima
- Segi enam
- Segi delapan
- Baling-baling, baling-baling segi banyak
- Lingkaran, elips, setengah lingkaran, juring
- Bintang segi 3, 4, 5, 6, 8
Bentuk dasar tiga dimensi dan variasinya, antara lain:

- Box
- Ball
- Cone
- Cylinder
- Tube
- Doughnut
- Pyramid
- Knot
- Rounded box
- Capsule
- Spring

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar